15/02/12

STOP BEGADANG

 STOP BEGADANG
Begadang merupakan suatu aktivitas yang dilakukan pada malam hari di saat seseorang tidak tidur di malam hari, entah karena ada pekerjaan yang di lakukan atau karena tidak dapat tidur dimalam hari.
Malam hari yang merupakan saat tubuh untuk merefresh setelah satu hari penuh beraktivitas, di saat itu pula tubuh melakukan aktivitas yang berfungsi menjaga keseimbangan antar bagian-bagian tubuh.
Setiap jam dimalam hari inilah tubuh melakukan aktivitas memperbaiki fungsi untuk mengembalikan ke kondisi semula, seperti yang di jelaskan di bawah ini jam-jam di mana terjadi proses yang berkaitan dengan organ-organ tubuh.

Pukul 21.00-23.00
Adalah masa pembuangan zat-zat yang tidak berguna didalam system antibody (kelenjar getah bening). Selama masa itu seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan music.

Pukul 23.00-01.00
Adalah masa untuk proses detoksinasi di bagian hati. Agar dapat berjalan, kita harus dalam keadaan tertidur pulas.

Pukul 01.00-03,00
Adalah detoksinasi di bagian empedu, juga harus berlangsung dalam keadaan tidur.

Pukul 03.00-05.00
Proses detoksinasi di bagian paru-paru. Bagi pendertita batuk akan emngalami batuk hebat saat dini hari, karena proses pembersihan kotoran telah mencapai saluran pernafasan. Tidak perlu minum obat batuk saat itu, agar tidak merintangi proses pembuangan secara alami.

Pukul 24.00-04.00
Sumsum tulang belakang akan memproduksi darah

Dampak Negatif dari begadang untuk kesehatan:
Orang yang terbiasa begadang (kurang tidur), biasanya akan merasakan beberapa dampak seperti:
- Kondisi emosi yang tidak stabil sehingga mudah tersinggung, mudah depresi, sensitif.
- Kemampuan kongnitifnya terganggu sehingga ketelitian, kemampuan analitis, dan kreativitasnya berkurang.
- Sistem syaraf simpatis (sistem syaraf stres) meningkat dan dapat menyebabkan tekanan darah, gula darah, dan napsu makan meningkat juga. Makanya, untuk orang-orang yang sedang dalam program diet atau tidak mau badannya gemuk, dianjurkan untuk tidak begadang
Makanya sangat di sarankan untuk kita tidur dengan jam tidur yang cukup untuk memberikan kesempatan kepada tubuh mengembalikan keseimbangannya agar saat kembali beraktivitas kita merasa siap, tidak mengantuk pastinya disaat jam kerja akan kita lakukan.

Sumber:
Future Generation, Renungan Harian Pemuda n Remaja, Oktober 2011

0 komentar:

Posting Komentar